Syarat Pendaftaran SMAT Krida Nusantara 2024

Syarat Pendaftaran SMAT Krida Nusantara

SMA Terpadu Krida Nusantara

Syarat Pendaftaran SMAT Krida Nusantara 2024

Syarat Pendaftaran SMAT Krida Nusantara 2024 – SMAT Krida Nusantara terletak di Kaki Gunung Manglayang,  Desa Cipadung, Cibiru Bandung, Provinsi Jawa Barat, di hamparan lahan sekitar 18,7 Hektar area. SMAT Krida Nusantara berdiri mulai dari Kantor Yayasan Krida Nusantara,  TK Terpadu Krida Nusantara, SD Terpadu Krida Nusantara, dan SMAT Krida Nusantara.

Berawal dari sebuah gagasan yang disampaikan dalam Reuni Mantan Murid SR (Sekolah Rakyat) Cidadap, Setiabudhi, Bandung. Yang bisa saja disebut mimpi, ingin memiliki Sekolah Berasrama. Namun, berkat izin Tuhan YME, Yayasan Krida Nusantara sendiri secara resmi dan legal berdiri pada Tahun 1989. Dengan perjalanan panjang sedari Tahun 1979, para penggagas Yayasan Krida Nusantara seperti: Drs. Mustopa, H. Karnaen Sukarnaprawira, Prof. Engkoswara, Drs. Cece Wijaya, E. Subagya, dan tentunya Ibu Tuti Sutiawati Try Sutrisno mencita-citakan dan mengkonsep sebuah Lembaga Pendidikan Berasrama, dengan disiplin sebagai landasan.

Syarat Pendaftaran SMAT Krida Nusantara

Maka pembangunan Gedung Sekolah, Asrama Putra dan Putri, Fasilitas Olahraga, Fasilitas Kesehatan, Infrastruktur Pendidikan, dan Penghijauan di Areal Sekolah Krida Nusantara dimulai pada Tahun 1994 dengan peletakan batu pertama oleh Pembina Yayasan Krida Nusantara, Ibu Tuti Sutiawati Try Sutrisno. Dengan target pada Tahun Ajaran Baru 1996, SMAT Krida Nusantara sudah dapat menerima peserta didik.

Pada tanggal 10 November 1996, SMA Terpadu Krida Nusantara diresmikan oleh Wakil Presiden RI ke-6, H. Try Sutrisno, beserta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada saat itu, Dr. Wardiman Djojonegoro.  Ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh H. Try Sutrisno.  Dalam acara peresmian ini juga hadir Menko Kesejahteraan Rakyat Azwar Anas, dan Gubernur Jawa Barat Nuryana, dan Kakanwil  Depdikbud Jawa Barat. Tanggal tersebut sengaja dipilih karena merupakan hari Pahlawan, dengan harapan para Siswa/i yang menempuh pendidikan di SMA Terpadu Krida Nusantara memiliki jiwa dan semangat yang sama seperti Pahlawan Bangsa.

SMA Terpadu Krida Nusantara berdiri berdasarkan izin yang dikeluarkan Kantor Wilayah (Kanwil) Departmen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat N.1366/102/kep./OT/96 tertanggal 29 Februari 1996. Pada saat SMA Terpadu Krida Nusantara berdiri konsep dasarnya adalah pada sejumlah Landasan Yuridis Formal yakni Pancasila, UUD 1945, GBHN (Garis-garis Besar Haluan Negara) dan Undang-undang RI No.2 Tahun 1989. Namun seiring dengan perkembangan Pemerintahan, kini SMA Terpadu Krida Nusantara berlandaskan pada Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Pada Tahun 2007, SMA Terpadu Krida Nusantara ditetapkan sebagai sekolah yang masuk dalam Program Rintisan SMA Bertaraf Internasional (RSBI) berdasarkan SK. Direrktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat  Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional No. 546a/C-4/MN/2007. Pada waktu itu SMA Terpadu Krida Nusantara menempati urutan ke-18 dari 99 sekolah di seluruh Indonesia yang memenuhi kriteria berdasarkan UU No. 20 tahun 2003 tentang RSBI dan SBI (Sekolah Berataraf Internasional) dengan telah memiliki 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan yang memadai.

Hingga saat ini, SMA Terpadu Krida Nusantara memasuki usia ke-20 Tahun, telah dipimpin oleh 5 (lima) Kepala Sekolah. Bermula dari Kepala Sekolah yang pertama adalah Drs. Iyo Tisna Sunarya (1996-1998) hingga yang menjabat Kepala Sekolah sekarang adalah Drs. Encang Iskandar MPd.

Setelah melalui perjalanan panjang, perbaikan demi perbaikan terus dilakukan. Hingga sekarang ini, SMA Terpadu Krida Nusantara menerapkan  “Manajemen 1767”. Yang dimaksud dengan “Manajemen 1767” adalah: Akomodasi dari 1 Visi, 7 Misi, 6 Kebijakan Mutu, serta 7 Kompetensi yang ingin dicapai oleh SMA Terpadu Krida Nusantara dalam mencetak Putra-putri terbaik Indonesia.

Syarat Pendaftaran SMAT Krida Nusantara 2024

Baca juga: Biaya SMAT Krida Nusantara 2023/2024

Syarat Pendaftaran SMAT Krida Nusantara 2024

Sebagai Lembaga Pendidikan, dari waktu ke waktu Krida Nusantara berupaya terus untuk mengembangkan ‘dirinya’. Upaya ini tampaknya menunjukkan hasil yang sangat positif, terbukti dengan berdirinya SMAT Krida Nusantara, kemudian diikuti oleh TK Terpadu Krida Nusantara, dan SD Terpadu Krida Nusantara.

SMA Terpadu Krida Nusantara (SMAT-KN) merupakan salah satu Sekolah Berasrama Penuh (Boarding School) yang berada di Kota Bandung. Berdiri pada Tahun 1996, dengan Status Terakreditasi A. Tujuan penyelenggaraan pendidikan SMAT-KN senantiasa mengacu pada tujuan pendidikan menengah, yaitu meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan mengembangkan diri sejalan perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Kesenian serta meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota Masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan Lingkungan Sosial, Budaya, dan Alam sekitarnya.

Krida Nusantara sebagai Sekolah Berasrama penuh mempunyai slogan “Mendidikan Anak untuk Disiplin, Bebas Rokok, Narkotika dan Tawuran”. Selain mutu pendidikan dan kualitas pembelajaran, slogan ini juga membuat orang tua tertarik untuk menyekolahkan Putra-putrinya di SMAT-KN.

SMAT-KN dalam mencapai tujuan Program Pembelajaran umum, mengembangkan 3 (tiga) kelompok Mata Pelajaran, yaitu:

  • Kelompok Mata Pelajaran Umum,
  • Kelompok Keterampilan Fungsional,
  • Kelompok Pendidikan Agama.

Kelompok Mata Pelajaran Umum sepenuhnya menggunakan Kurikulum Nasional, sedangkan kelompok Keterampilan Fungsional dan kelompok Pendidikan Agama dikembangkan tersendiri dalam bentuk Kurikulum Muatan Lokal dan didasari dengan Kedisiplinan menjadi ciri khas SMAT-KN.

Pelaksanaan Program Pembelajaran di SMAT-KN selalu berorientasi pada Visi, Misi, dan Strategi sekolah. Adapun yang menjadi Visi awal dari SMAT-KN adalah:

“Krida Terpadu Cipta Insan Mandiri”

  • Tampil Menyandang Prestasi
  • Ekstra dalam Berkarya
  • Rendah Hati Bersahaja
  • Panutan dalam Bersikap
  • Agama Landasan Bakti
  • Disiplin dalam Bertindak
  • Unggul, Inovatif, dan Mandiri

Dalam perkembangan selanjutnya, Visi dari SMAT-KN dijadikan sebagai Motto sekolah, sementara Visi sekolah yang baru yaitu “Menjadi Sekolah Berasrama Terkemuka dalam Pengembangan Potensi Peserta Didik di Bidang Akademik, Keagamaan, dan Keterampilan dengan Disiplin Tinggi, serta Mampu Bersaing secara Nasional maupun Internasional”.

Syarat Pendaftaran SMAT Krida Nusantara 2024

Baca juga: Fasilitas SMA Krida Nusantara Terbaru

Syarat Pendaftaran SMAT Krida Nusantara 2024

Dengan Fasilitas Pendidikan yang lengkap, Tenaga Pendidik yang kompeten, Visi dan Misi yang baik, Manajemen Pendidikan yang layak, dan Disiplin sebagai landasan, maka SMA Terpadu Krida Nusantara, menjadi Sekolah Berasrama terkemuka di Indonesia, yang siap mencetak kader Putra-putri Bangsa yang memiliki integritas dan dedikasi yang tinggi untuk kemajuan Bangsa dan Negara di kemudian hari.

Syarat Pendaftaran SMAT Krida Nusantara 2024

Syarat Pendaftaran SMAT Krida Nusantara 2024

Syarat Umum Pendaftaran SMAT Krida Nusantara 2024

  1. Calon Peserta Didik yang Akan Lulus SMP/Sederajat;
  2. Tidak Pernah Tidak Naik Kelas;
  3. Berbadan Sehat dan Tidak Cacat Tubuh (Boleh Berkacamata);
  4. Bersedia Tinggal di Asrama;
  5. Lulus Seleksi Nilai Raport sebagai berikut:
  • Mata Pelajaran: Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris Minimal 70 dengan Nilai Rata-rata di Setiap Semester (Semester 1 s/d 4) Minimal 78;
  1. Lulus Tes Akademik, Psikotes, Tes Kesehatan, Tes Wawancara, dan Tes Kesegaran Jasmani (Lari, Sit-up, Push-up);
  2. Khusus bagi Calon Peserta Didik yang Berasal dari SMP dengan Latar Belakang International School yang Lulus Tes, agar Menyerahkan Ijazah yang Telah Dilegalisasi oleh Diknas;
  3. Calon Peserta Didik yang Berasal dari Sekolah di Luar Negeri, International School, dan Homeschooling Harus Melampirkan Surat Pengantar dari Direktorat Pembinaan SMP Ditjen Dikdasmen;
  4. Tidak Menerima Peserta Didik Pindahan dan Lulusan Tahun Sebelumnya.

Syarat Tambahan Pendaftaran SMAT Krida Nusantara 2024 bagi Pendaftar Beasiswa/Subsidi

  1. Memiliki Nilai Setiap Mata Pelajaran Minimal Agregat 10 dari Nilai Raport dan KKM Tiap Semester;
  2. Mengisi Formulir Pendaftaran Beasiswa (Form-B) pada Saat Registrasi Online;
  3. Orang tua Peserta Didik Wajib Mengajukan Surat Permohonan Beasiswa/Subsidi yang Disertai Alasan Pengajuan dan Diketahui oleh RT/RW Setempat (Surat Keterangan Tidak Mampu);
  4. Menyerahkan Daftar Penghasilan Orang tua Saat Ini (Struk Gaji dan Stempel Asli);
  5. Pada Saat Wawancara, Calon Peserta Didik Wajib Didampingi oleh Orang tua;
  6. Mendapatkan Prestasi Olympiade Sains Tingkat Provinsi, Dibuktikan dengan Memperlihatkan Sertifikat Prestasi Asli dan Menyerahkan Fotokopinya yang Dilegalisasi oleh Sekolah;
  7. Lulus Tes Seleksi Masuk SMA Terpadu Krida Nusantara;
  8. Beasiswa Berlaku selama Siswa tersebut Berprestasi secara Akademik.

Syarat Pendaftaran SMAT Krida Nusantara 2024

Baca juga: Ekskul Seni SMAT Krida Nusantara

Syarat Pendaftaran SMAT Krida Nusantara 2024

Prosedur Pendaftaran SMAT Krida Nusantara 2024

1. Tidak Menerima Pendaftaran setelah Batas Waktu yang Ditentukan.

2. Mengisi Formulir Registrasi (Form-A) secara Online di www.kridanusantara.com dan Setelah Selesai Formulir Segera Diprint (Pengisian Formulir Sebaiknya Menggunakan Perangkat Komputer/Laptop yang Sudah Terhubung Langsung dengan Printer).

3. Setelah Melakukan Registrasi, Lengkapi Persyaratan Administrasi sebagai berikut:

  • Print Out (Hasil Cetak) Formulir Registrasi Online yang Sudah Terisi Data Lengkap dan Tercantum Nomor Registrasi (Formulir Registrasi Online Dicetak/Diprint pada Kertas F4 atau Folio).
  • Instrumen Survei Calon Peserta Didik (Diprint Bersamaan Saat Melakukan Registrasi Online).
  • Fotokopi Raport Semester 1 s/d Semester 4 yang Dilegalisasi Sekolah (Legalisasi Asli di Setiap Lembarnya).
  • Fotokopi Akta Kelahiran.
  • Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) Asli dari SMP/Sekolah Asal.
  • Fotokopi Kartu NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) atau Print Out Data Hasil Pencarian NISN dari Website https://nisn.data.kemdikbud.go.id (Jika Tidak Memiliki NISN Segera Diselesaikan oleh Sekolah Asal dan Orang tua Siswa).
  • Pas Foto Berwarna Terbaru Ukuran 3×4 dan 4×6 Masing-masing Sebanyak 2 Lembar (Berpakaian Sekolah, Berlatar Belakang Warna Biru).
  • Lampirkan (Bila Ada) Fotokopi Sertifikat Prestasi atau Piagam Penghargaan.
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  • Fotokopi E-KTP Kedua Orang tua.
  • Persyaratan Khusus Orang tua, Bagi yang Berprofesi: TNI/POLRI, Melampirkan Fotokopi KTA dan Keterangan Penghasilan/Slip Gaji; PNS/ASN, Melampirkan Fotokopi SK Golongan Terakhir dan Keterangan Penghasilan/Slip Gaji; Karyawan Swasta dan BUMN, Melampirkan Keterangan Kerja Perusahaan dan Penghasilan/Slip Gaji; Wiraswasta/Wirausaha, Melampirkan Surat Keterangan Penghasilan Di Atas Materai, Fotokopi Bukti Usaha (SIUP, NPWP Perusahaan dan Rekening Koran 3 (Tiga) Bulan Terakhir).
  • Kelengkapan Persyaratan tersebut Dimasukkan ke Dalam Amplop Tertutup Berwarna Coklat dan Dikirimkan via Paket ke Alamat Kampus Krida Nusantara di bawah ini:

Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru

SMA Terpadu Krida Nusantara, Tahun Pelajaran 2024/2025

Jl. Desa Cipadung Cibiru Bandung 40615 Jawa Barat

4. Berkas Pendaftaran Calon Peserta Didik Sudah Harus Diterima oleh Panitia PPDB Paling Lambat 5 (Lima) Hari Kerja Setelah Registrasi Formulir Online.

5. Konfirmasi Berkas Pendaftaran yang Sudah Dikirim ke Panitia PPDB di Whatsapp: 0858-6060-2213.

6. Bila Kuota Sudah Terpenuhi 1.300 Pendaftar (875 Putra dan 425 Putri), maka Pendaftaran Ditutup Sebelum Waktunya.

Syarat Pendaftaran SMAT Krida Nusantara 2024

Baca juga: Kegiatan SMA Krida Nusantara Bandung

Syarat Pendaftaran SMAT Krida Nusantara 2024

Demikian informasi Syarat Pendaftaran SMAT Krida Nusantara 2024. Bagaimana?, Apakah Kalian tertarik mengikuti Pendaftaran SMAT Krida Nusantara 2024?. Persiapkan diri Kalian untuk mengikuti Pendaftaran dan Seleksi Masuk SMAT Krida Nusantara 2024 dengan cara mengikuti Bimbingan Belajar bersama Bimbel SMA Krida. Bimbel SMA Krida sudah membuka pendaftaran lho!! Yuk, buruan daftarkan diri Kalian sekarang juga di Bimbel SMA Krida!!

Syarat Pendaftaran SMAT Krida Nusantara 2024

Syarat Pendaftaran SMAT Krida Nusantara 2024

× GRATIS Simulasi Ujian Masuk Krinus