5 Cara Betah di Asrama Sekolah, Kamu Asrama juga?

By December 15th, 2023 Life Student
Cara Betah di Asrama Sekolah

Apakah kamu tahu cara betah di asrama sekolah? Diketahui, SMA Krida Nusantara merupakan sekolah berasrama dan mempunyai slogan “Mendidikan anak untuk disiplin, bebas rokok, narkotika, dan tawuran”. Tentunya dengan slogan tersebut, sudah dipastikan bahwa siswa harus bersikap disiplin dan integritas diri.

Tentunya bagi kamu yang mendaftar SMA Krida Nusantara, wajib tahu informasi ini. Diketahui, SMA Krida Nusantara memiliki asrama yang cukup luas dan fasilitas lengkap. Meskipun begitu, bagaimana cara betah di asrama sekolah? Hal itu kembali pada siswa masing-masing.

 

5 Cara Betah di Asrama Sekolah

Cara Betah di Asrama Sekolah

Bagaimana cara betah di asrama sekolah?

Ketika siswa memasuki lingkungan baru, khususnya asrama. Mungkin, akan terlihat asing dan gelisah karena tidak terbiasa dengan lingkungan tersebut. Kamu juga berpeluang besar untuk mengalami culture shock karena jauh dari orang tua.

Maka dari itu, kamu perlu mempersiapkan diri baik fisik, mental, maupun kebutuhan agar kamu bisa survive di asrama sekolah selama 3 tahun. Jadi, bagaimana cara betah di asrama sekolah?

 

1. Ikuti Setiap Aturan yang Ada di Asrama

Pastikan ketika masuk dalam lingkungan asrama, kamu harus tahu informasi tata tertib di asrama tersebut. Jangan sampai kamu dikucilkan oleh rekan asrama karena melanggar tata tertib, ya. 

Kita tahu bahwa tempat yang baru kita pijaki juga memiliki aturan. Namun, aturannya akan berbeda dengan aturan yang ada di rumah. Maka dari itu, patuhi setiap aturan dan jalani kewajiban sebagai siswa.

Hal ini dapat mempercepat adaptasi siswa terhadap lingkungan barunya.

 

2. Menjalin Keakraban

Sebagai makhluk sosial, kita tidak bisa sendiri. Kamu akan dibantu oleh rekan-rekan lain dalam mengerjakan sesuatu. Ditambah, kamu butuh mereka di asrama. Tidak heran asrama dapat berisi 2-4 orang.

Hal ini untuk membangun loyalitas antarteman se-asrama. Dengan begitu, relasi kamu lebih kuat karena satu kepentingan dan kebutuhan. Kebanyakan orang yang tinggal se-asrama sudah menganggap seperti keluarga karena saling membutuhkan satu sama lain.

 

3. Mengisi Waktu Luang

Diketahui, SMA Krida Nusantara memiliki banyak kegiatan di luar kelas, seperti Pramuka, Paskibra, dan ekstrakurikuler lainnya. Tidak heran, banyak siswa asrama yang mengisi waktu di luar kelas.

Tentunya, ada manfaat tersendiri ketika mengisi waktu luang dengan kegiatan positif. Entah ada apresiasi berupa fee, makanan, atau kebutuhan lain dari kegiatan tersebut. Hal ini bisa memenuhi kebutuhan kosmu melalui kegiatan positif tersebut.

Kamu juga tidak merasa bete dan gabut di asrama. Rasa gabut dan bete juga menjadi hal yang membuat kita tidak betah di asrama sekolah.

 

4. Sikap Peduli dan Menghargai

Kamu tahu bahwa di asrama, kamu tidak tinggal sendirian. Kamu akan ditemani oleh berbagai siswa lain. Alhasil, selain berinteraksi dengan siswa lain, kamu juga harus menumbuhkan sikap peduli dan menghargai.

Salah satu contoh kecil berasal dari kamar asrama kamu. Biasanya satu kamar berisi dengan 2-4 orang. Tentunya ada banyak pakaian dan barang dari teman-teman kamu. Pastikan, kamu tidak mengusik barang tersebut sebelum izin dengan mereka. Hal ini merupakan cara untuk menghormati kepemilikan orang lain.

Lalu, ketika ada teman yang sangat sibuk dan selalu pulang terlambat di sore hari, pastikan kamu peduli dan berkomunikasi dengannya. Kamu tunjukkan empati dengan memberikan cemilan kepadanya.

 

5. Terapkan 3 Magic Words

Apa itu 3 magic words? 3 kata ajaib itu seperti terima kasih, tolong, dan maaf. Bagi kamu yang pribadi dengan sopan santun, akan lebih mudah menerapkan 3 kata ajaib ini.

3 Kata tersebut menunjukkan bahwa kamu adalah seseorang yang menghargai dan peduli terhadap orang lain. Tentunya akan memberikan dampak yang luar biasa di asrama. Tumbuhkan kebiasaan dengan sering mengucapkan 3 kata ajaib tersebut.

Hal itu bisa membantumu untuk raih kesuksesan.

 

Itulah beberapa informasi seputar cara betah di asrama sekolah. Bagi siswa yang baru masuk asrama sekolah, pastikan kamu jangan panik dan gelisah.

Kamu mungkin akan menghadapi berbagai karakter teman di asrama tersebut. Pastikan jadi diri sendiri dan tidak terjerumus terhadap hal-hal negatif. Sebagai tameng, nasihat orang tua dan beribadah akan selalu membantumu untuk jadi diri sendiri.

Nah, setelah mengetahui hal ini, SMA Krida Nusantara yang menjadi tujuanmu akan lebih mudah tergapai. Kamu butuh bimbingan belajar SMA Krida Nusantara yang berkualitas dan profesional. Kunjungi laman resmi kami sekarang!

× GRATIS Simulasi Ujian Masuk Krinus