5 Rekomendasi Program Kerja untuk OSIS SMA

Apakah kamu sedang mencari rekomendasi program kerja untuk OSIS SMA? Diketahui, OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah merupakan organisasi yang selalu ada di setiap sekolah di Indonesia, khusus SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan SMA (Sekolah Menengah Atas). Khusus SMA, progarm kerja OSIS SMA terbilang kompleks.

Hal ini dikarenakan OSIS SMA memiliki jumlah siswa, kurikulum, guru, dan budaya yang berbeda daripada OSIS SMP. Ditambah, SMA dianggap sebagai kenangan sekolah yang paling berkesan. Untuk itu, program kerja yang dibuat OSIS juga perlu perancangan mantap, serta ide yang mantap.

Untuk itu, apa saja rekomendasi program kerja untuk OSIS SMA?

Rekomendasi Program Kerja untuk OSIS SMA

Rekomendasi Program Kerja untuk OSIS SMA

Logo OSIS. | Sumber: Wikipedia

Bagi kamu yang baru terjun sebagai pengurus OSIS, lalu ingin menyampaikan ide. Cobalah untuk membaca artikel ini sampai habis, ya. Berikut rekomendasi program kerja untuk OSIS SMA.

 

1. Pameran Ekstrakurikuler

Dalam rangka promosi sekolah, maka promosi bisa dilakukan dalam bentuk pameran ekstrakurikuler. Sebelum itu, coba tanyakan kepada guru atau Kepala Sekolah, “Apa saja ekstrakurikuler di sekolah ini? Apa potensi yang perlu dikembangkan? Apa kelebihan yang perlu dipamerkan?”

Pameran Ekstrakurikuler perlu dirancang secara matang karena menyangkut ke beberapa ketua dan pembinanya. Untuk itu, segera koordinasi dan dapat mengadakan rapat bersama ketua dan pembina ekstrakurikuler terkait.

Manfaat dari pameran ekstrakurikuler adalah menarik banyak siswa (khususnya siswa baru) untuk masuk ke ekstrakurikuler yang diinginkannya. Selain itu, hal ini juga menambah reputasi sekolah karena menyeimbangkan antara kegiatan akademik dan non-akademik.

2. Education Fair

Selain mempromosikan ekstrakurikuler, kali ini menampilkan lulusan yang berprestasi. Yap, Education Fair adalah pameran beberapa universitas ternama. Diketahui, SMA memang merupakan langkah awal untuk mempersiapkan dan menentukan universitas mana yang ingin kamu tuju.

Tentunya kamu butuh informasi mengenai universitas, program studi, dan budaya kuliahnya. Maka dari itu, sebagai pengurus OSIS, kamu perlu menyampaikan ide ini demi memperluas relasi antara alumni dan siswa. Ditambah, hal ini menjadi tempat informasi bagi siswa/i dalam konsultasi secara langsung terkait tips dan trik lolos pada universitas yang diinginkannya.

Dalam perencanaannya, Education Fair terbilang kompleks. Sebab, kamu berbicara dengan komunitas alumni pada sekolahmu. Selain itu, tim OSIS perlu memikirkan tentang pendanaan dan sponsor untuk membantu tenant yang diirikan. Ditambah, OSIS juga perlu menggaet beberapa UMKM setempat karena acara ini akan menarik setiap angkatan di sekolahmu.

Selain itu, kamu juga perlu memikirkan program hiburan pada acara ini entah games, kuis, live music, atau atraksi dari ekstrakurikuler. Apa Education Fair impianmu?

3. Workshop

Tidak hanya SMK, siswa SMA juga butuh workshop atau lokakarya. Lokakarya merupakan gabungan antara seminar dan pelatihan. Siswa akan diberikan pengetahuan sesuai topik lokakarya. Selanjutnya, mereka akan diberikan tugas praktek untuk menghasilkan karya tertentu.

Beberapa workshop yang direkomendasikan untuk SMA adalah public speaking, penulisan CV, tips wawancara, dan topik lainnya sesuai yang dibutuhkan siswa. Pastikan kamu sebagai pengurus OSIS, kamu harus menyurvei setiap kelas mengenai topik yang diinginkan dalam lokakarya.

Pastikan, kamu sudah menyediakan topik yang sesuai dan relevan pada permasalahannya. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot untuk memilah melalui jawaban esai yang mereka berikan.

 

4. Acara Hiburan

Pastinya sebagai siswa akan ada rasa jenuh selama belajar. Mereka terus-menerus belajar tanpa ada healing. Maka dari itu, hal ini menjadi pertimbangan bagi pengurus OSIS, lo. Bagaimana cara mengatasi kejenuhan belajar?

Yap, dengan mengadakan acara hiburan. Acara hiburan dapat berupa konser, live music, atau pentas seni. Saat ini, kamu mungkin pernah melihat beberapa konser yang dilaksanakan di sekolah. Namun, jika kamu ingin mengadakannya, pastikan lahan sekolahmu cukup luas untuk panggung, venue peserta, dan backstage untuk pengisi acara.

Acara hiburan juga perlu dipertimbangkan dalam segi pendanaan. Sebab, banyak sekolah yang mengundang artis besar, tetapi sulit dalam pendanaan. Maka dari itu, pastikan kamu perlu membuat proposal yang matang dan mendatangi sponsor-sponsor.

Selain sponsor, kamu juga bisa melakukan wirausaha yang hasil keuntungannya dapat diputar dalam program kerja ini. Pada umumnya, acara hiburan dalam skala besar atau kecilnya juga tergantung pada segi budget. 

 

5. Kunjung Perpustakaan Sekolah

Sebagai pengurus OSIS, mungkin pernah melihat perpustakaan sekolah yang jarang dikunjungi oleh siswa. Bagainmana cara kamu mengatasinya? Yap, dengan membuat program perpustakaan sekolah.

Jika kamu ingin membuat program kerja ini, pastikan kamu telah berkunjung ke perpustakaan dan bertanya kepada pustakawan. Apa saja pertanyaannya?

“Apa permasalahan dari perpustakaan?”

“Apa kelebihan dan kekurangan dari perpustakaan ini?”

Dengan hal itu, kamu jadi mengetahui tentang permasalahan dan solusinya dalam bentuk program kerja. Saat ini, ada rekomendasi program kerja untuk perpustakaan, seperti Gerakan Literasi Sekolah, Nugas di Perpustakaan, Bedah Buku, dan lain-lain.

 

Itulah beberapa rekomendasi program kerja untuk OSIS SMA. Apakah ada pertanyaan?

× GRATIS Simulasi Ujian Masuk Krinus