6 Tips Membangkitkan Jiwa Kreatif dan Aktif Bagi Siswa

By December 15th, 2023 Life Student
Tips membangkitkan jiwa kreatif bagi siswa

Bagaimana tips membangkitkan jiwa kreatif? –SMA Krida Nusantara merupakan sekolah yang berbasis semi militer. Mungkin, sebagian besar orang mengira, “Apakah siswanya juga diajarkan berpikir kreatif dan aktif di kelas?”

 

Setiap guru SMA Krida Nusantara tidak hanya mengajarkan sikap disiplin, melainkan juga berpikir kreatif dan kritis kepada siswa/i. Dengan kurikulum berbasis semi militer dan Depdiknas, siswa/i memadukan sikap disiplin dengan pengembangan karya mereka yang kreatif dan aktif dengan ekstrakurikuler, serta OSIS. 

 

Lalu, secara individual siswa, bagaimana tips membangkitkan jiwa kreatif dan aktif bagi siswa?

Tips Membangkitkan Jiwa Kreatif dan Aktif

Baik siswa maupun guru, memang dituntut untuk berpikir aktif dan kreatif di kelas ataupun di luar kelas. Hal ini untuk membantu mereka dalam menganalisis lingkungan, serta potensi dalam dirinya. 

 

Untuk itu, ada beberapa tips untuk membangkitkan jiwa kreatif dan aktif untuk siswa.

 

1. Jadi Diri Sendiri

Sebagian siswa mungkin akan merasa kegiatan ini tidak sesuai dengan kesenangan mereka. Di sisi lain, mereka juga belum merencanakan impian dan karir yang ingin ditargetkan. 

 

Sebab, siswa/i belum mengenali kelebihan dan kelemahan pada diri sendiri. Cobalah untuk merenungi tentang kelebihan dan kekurangan kamu. Setelah mengetahuinya, kamu bisa menjadi diri sendiri dengan memaksimalkan kelebihan dan memperbaiki kekurangan. 

 

2. Membangun Pertemanan

Bagi kamu yang baru masuk di SMA Krida Nusantara, mungkin akan merasa asing dengan lingkungan baru. Ditambah, kamu akan merasa malu-malu untuk mengutarakan pendapat dan aktif di kelas. 

 

Alhasil, kamu merasa kurang kreatif dan aktif di kelas. Cobalah untuk berkomunikasi dan berpikir terbuka dengan teman-teman baru. Mulailah dari teman-teman dekat yang sering ketemu denganmu, seperti teman yang searah dengan rute ke sekolah, teman satu organisasi, hingga teman yang positif untukmu. 

 

3. Berikan Forum/Diskusi

Setiap pengerjaan kelompok, akan ada diskusi untuk memecahkan suatu masalah atau tugas yang diberikan oleh guru kamu. Dengan kegiatan diskusi, siswa dituntut untuk berpikir kreatif dalam memecahkan masalah.

 

Mereka akan berada pada banyak opsi pemecahan masalah dengan saling bertukar pendapat. Ditambah, siswa/i akan menemukan pengetahuan atau informasi baru yang mungkin tidak mereka dapatkan dari baca buku atau materi guru. 

 

4. Berikan Kegiatan Pembelajaran Non-Rutin

Orang kreatif tidak akan menyelesaikan masalah dengan satu solusi secara terus-menerus. Mereka lebih mudah bosan terhadap sesuatu yang monoton. Untuk itu, tips membangkitkan jiwa kreatif dan aktif bagi siswa adalah memberikan pembelajaran non-rutin.

 

Contohnya adalah berlatih diskusi, membuat mind-mapping, dan mengilustrasikan materi dengan seni. Hal inilah yang membuat materi pengajaran menghasilkan karya bermanfaat. 

 

5. Memperbanyak Praktik

Siswa/i akan merasa bosan jika materi yang diajarkan hanya dengan satu jalur komunikasi. Mungkin, mereka akan mengantuk dan menjadi tidak aktif di kelas. 

 

Untuk itu, para guru bisa memberikan pembelajaran berbasis praktik atau terapan. Dengan pembelajaran tersebut, siswa/i akan terus berpikir kreatif dalam memecahkan masalah karena materi bersifat praktik akan selalu diterapkan dalam kehidupannya.

 

6. Selalu Berikan Pertanyaan Berbobot Pada Topik Tertentu

Pertanyaan berbobot yang dimaksud dapat berkenaan dengan “Mengapa” atau “Bagaimana” 

Cobalah untuk tanyakan sesuatu yang terjadi dengan dua pertanyaan tersebut. Hal itu merujuk pada peningkatan kritis kamu dalam suatu topik. Selain itu, kamu jadi lebih mengetahui tentang pemahaman suatu materi, lalu memecahkan masalah dengan cara yang kreatif. Hal ini dikarenakan kamu jadi lebih memiliki opsi untuk menjawab dan mengembangkan topik tersebut.

 

7. Eksplor Selalu Kegiatan Baru

Tips membangkitkan jiwa kreatif yang terakhir, yakni eksplorasi hal baru. Diketahui, orang kreatif memang cenderung cepat bosan terhadap hal yang bersifat rutin. Ditambah, jika mereka dihadapkan dengan pekerjaan yang monoton, maka sudah dipastikan akan bosan. Untuk mengatasi rasa bosan, maka kamu bisa eksplor hal baru entah memperbarui cara kerja kamu atau menghasilkan karya yang belum pernah dicoba.

Dengan begitu, otak kamu akan mengerahkan jiwa kreatifnya dan melatih dalam pemecahan masalah tertentu. Apakah kamu siap mengeksplorasi hal-hal baru di dunia ini? Bisa, yuk!

 

Itulah beberapa tips membangkitkan jiwa kreatif dan aktif bagi siswa. Untuk kamu yang sedang mencari SMA berkualitas dan membangun jiwa disiplin, persiapkan dirimu sekarang di bimbel. 

 

× GRATIS Simulasi Ujian Masuk Krinus