Prestasi Akademik SMA Krida Nusantara Bandung

By December 15th, 2023 SMA Krida Nusantara
Seni budaya SMA Terpadu Krida Nusantara

Prestasi Akademik SMA Krida Nusantara Bandung

 

Prestasi Akademik SMA Krida Nusantara Bandung -SMA Krida Nusantara atau SMAT Krida Nusantara adalah sebuah sekolah menengah di Indonesia yang memiliki standar internasional dalam penyelenggaraan pendidikannya. Didirikan pada tahun 1984, sekolah ini telah meluluskan banyak siswa berprestasi yang berhasil meraih kesuksesan di berbagai bidang.

Profil Prestasi Akademik SMA Krida Nusantara Bandung

Berada di bawah Yayasan Krida Nusantara yang resmi berdiri pada tahun 1989. Terletak di kaki gunung manglayang, desa Cipadung, Cibiru Bandung, Provinsi Jawa Barat, di hamparan lahan sekira 18,7 hektar area, Kampus Krida Nusantara berdiri. Mulai dari kantor Yayasan Krida Nusantara, TK Terpadu Krida Nusantara, SD Terpadu Krida Nusantara dan SMA Krida Nusantara

Berawal dari sebuah gagasan yang disampaikan dalam reuni mantan murid SR (sekolah rakyat) Cidadap, Setiabudhi, Bandung. Yang bisa saja disebut mimpi, ingin memiliki sekolah berasrama. Memiliki misi untuk memberikan pendidikan yang holistik dan mengembangkan potensi siswa, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, berwawasan global, dan memiliki daya saing yang tinggi.

Kurikulum Prestasi Akademik SMA Krida Nusantara Bandung

Prestasi Akademik SMA Krida Nusantara menerapkan kurikulum yang berbasis pada standar internasional. Kurikulum ini dirancang untuk mengembangkan potensi akademik dan non-akademik siswa.

Beberapa program akademik yang tersedia di SMA Krida Nusantara meliputi program International Baccalaureate (IB) dan program Cambridge International AS dan A Level.

Siswa dapat memilih program yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Selain itu, sekolah juga menawarkan berbagai program ekstrakurikuler, seperti olahraga, seni, bahasa, dan sains.

Prestasi Akademik SMA Krida Nusantara Bandung

Prestasi Akademik SMA Krida Nusantara bandung banyak yang mengesankan. Siswa-siswanya telah berhasil meraih berbagai penghargaan dan prestasi di tingkat nasional dan internasional.

Beberapa prestasi akademik SMA Krida Nusantara Bandung yang telah diraih antara lain juara dalam kompetisi sains dan teknologi, juara dalam kompetisi bahasa, juara dalam kompetisi olahraga, serta berhasil diterima di universitas terkemuka di luar negeri. SMA Krida Nusantara merupakan sebuah sekolah menengah yang berkualitas dan memiliki standar internasional.

Dengan kurikulum yang berbasis pada standar internasional, fasilitas yang lengkap dan modern, serta prestasi siswa yang mengesankan, SMA Krida Nusantara telah menjadi pilihan bagi orang tua yang ingin memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anak mereka. Lulusann yang sukses dan berprestasi di berbagai bidang, prestasi akademik SMA Krida Nusantara telah membuktikan bahwa mereka mampu menghasilkan siswa yang berkualitas dan siap bersaing di tingkat global.

Untuk kamu yang sekarang duduk di bangku SMP dan ingin masuk SMA Krida Nusantara. Brawijaya Intensive Centre – BIC, lembaga bimbingan belajar yang akan membantu kamu mempersiapkan diri untuk mengikuti program PPDB masuk SMA Taruna Nusantara.

Dengan tenaga pengajar S-2 yang merupakan lulusan Perguruan Tinggi Negeri ternama, serta pofesional. Serta metode belajar yang interaktif yang memudahkan dalam memahami materi belajar. Serta berorientasi pada proses belajar, sehingga kamu dapat mengetahui sejauh mana hasil belajar.

Prestasi Akademik SMA Krida Nusantara Bandung sebagai sekolah berasrama penuh dan mempunyai slogan “Mendidikan anak untuk disiplin, bebas rokok, narkotika dan tawuran“. Selain mutu pendidikan dan kualitas pembelajaran slogan ini juga membuat orangtua tertarik untuk menyekolahkan putra-putrinya di SMAT-KN.

Prestasi Akademik SMA Krida Nusantara Bandung dalam mencapai tujuan program pembelajaran umum, mengembangkan tiga kelompok mata pelajaran, yaitu:

  • Kelompok mata pelajaran umum.
  • Kelompok keterampilan fungsional.
  • Kelompok pendidikan agama.

Kelompok mata pelajaran umum sepenuhnya menggunakan kurikulum nasional, sedangkan kelompok keterampilan fungsional dan kelompok pendidikan agama dikembangkan tersendiri dalam bentuk kurikulum muatan lokal dan didasari dengan kedisiplinan menjadi kekhasan SMAT-KN.

  • SMA Krida Nusantara Bandung pernah memperoleh Augrah Hukum dari Depkum HAM Kemenhukham)
  • Mendapat gelar sekolah peduli lingkungan dari Gubernur Jawa Barat.
  • Juara 1 Speech Contest Messa AL Ma’soem 2011 se Jawa Barat
  • Juara 1 Speech Contest Messa AL Ma’soem 2011 se Jawa Barat
  • Juara 1 News Reading Contest Messa AL Ma’soem 2011 se Jawa Barat.
  • Juara 2 News Reading Contest Messa AL Ma’soem 2011 se Jawa Barat.
  • Juara 2 Turnamen Mini Soccer Incredible 3, SMA AL AZHAR Pusat 2011
  • Juara 3 Kejuaraan karate terbuka se Jawa Barat dan Bali 2010

Prestasi Akademik SMA Krida Nusantara Bandung

Kunjungan Siswa Prestasi Akademik SMA Krida Nusantara di Akademi Militer

kunjungan  siswaprestasi akademik SMA Krida Nusantara Bandung yang dipimpin oleh Ibu Tuti Try Soetrisno. Rombongan  SMAT Krida Nusantara berjumlah 210 orang, diterima oleh: Wakil Gubernur Akmil, Brigjen TNI Dudung Abdurachman, SE, MM, mewakili Gubernur Akmil, Mayjen TNI Hartomo, di gedung Sumartal. Acara penyambutan rombongan SMAT Krida Nusantara dihadiri oleh pejabat para Direktur, Danmentar dan para Kepala Departemen di jajaran Akmil.

Gubernur Akmil dalam sambutannya yang dibacakan oleh Brigjen TNI Dudung Abdurachman, SE, MM, menyampaikan agar kunjungan ini dapat dijadikan motivasi dan menambah khasanah wawasan serta pengetahuan tentang Akmil bagi para siswa SMAT Krida Nusantara. Perlu diketahui bahwa Akmil mulai tahun 2014 telah mendidik Taruna Wanita dan hingga sekarang jumlah Taruni sebanyak 28 orang, sedangkan jumlah Taruna secara keseluruhan 679 orang. Akademi Militer merupakan Badan Pelaksana Pusat di tingkat Angkatan Darat, dengan tugas pokoknya adalah untuk melaksanakan pendidikan pembentukan Perwira Angkatan Darat pada tingkat Akademi.

“Dengan berkunjung langsung ke Ksatrian Akmil diharapakn para siswa/siswi Kelas XI Angkatan XIX SMAT Krida Nusantara bisa termotivasi untuk menentukan pilihan melanjutkan pendidikan berikutnya, ini adalah salah satu upaya memberikan informasi yang positif kepada para siswa/siswi untuk menarik minat dan keinginan masuk menjadi Taruna/Taruni Angkatan Darat (Akmil),” jelas Ketua Yayasan SMAT Krida Nusantara, Ibu Tuti Tri Sutrisno.

Selesai acara sambutan di gedung Sumartal, para siswa/siswi didampingi oleh Taruna Pendamping (alumni SMAT Krida Nusantara) 4 Taruna Tk. II dan 8 Taruna Tk. III keliling Ksatrian Akmil, mengunjungi Museum Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Paviliun Lima, mengunjungi Museum Taruna Abdul Djalil, kemudian kembali melanjutkan perjalanan menuju ke Yogyakarta (AAU).

Kunjungan Siswa Prestasi Akademik SMA Krida Nusantara di Akademi Militer Magelang

Akademi Militer (Akmil) Magelang kembali mendapat kunjungan dari kalangan pelajar. Baru saja, lembaga pendidikan perwira TNI itu kedatangan para pelajar dari SMA Terpadu Krida Nusantara, Bandung. Sebanyak 85 siswa kelas XI tersebut menggelar kegiatan studi banding ke kompleks Akmil selama beberapa hari. Kunjungan tersebut juga dalam rangka study tour ke sejumlah lembaga pendidikan kedinasan TNI, seperti AAL dan AAU juga lembaga pendidikan kedinasan Polri, Akpol Semarang belum lama ini. Hari pertama kedatangan siswa tersebut langsung dijejali sarapan olahraga.

Mereka juga digiring untuk menaikki Gunung Tidar yang letaknya berada dekat dengan Akmil. Baca Juga Tidak Setuju Pelegalan Galian C, Warga Sontonaya Gelar Aksi Menolak Penambangan Ketua Yayasan Krida Nusantara, Nori C Tri Sutrisno mengatakan, kunjungan siswa ke Akmil tak lain tujuannya untuk mengetahui profil sejarah Akademi Militer.

Diharapkan, sepulangnya dari Magelang para siswa memiliki wawasan baru tentang Akademi Militer.”Kami juga berharap ada beberapa siswa kami bisa masuk menjadi taruna/taruni Akmil. Namun, yang terpenting dapat mengubah sikap dan perilaku yang positif dan lebih baik, menumbuhkan rasa cinta tanah air, jiwa pantang menyerah, dan semangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah,” katanya.

Para siswa dan guru juga berkesempatan mengunjungi Museum Taruna Abdul Djalil, dan sejumlah tempat lain di kompleks Akademi Militer. Selama melaksankan kegiatan para siswa didampingi oleh para taruna Akmil yang juga alumni SMA tersebut. Nori berharap, kunjungan para siswa ke Akmil ini akan menambah wawasan dan penjelasan mengenai sistem perekrutan taruna di Akmil. Hal ini agar banyak siswa setempat tertarik dan termotivasi bergabung menjadi taruna/taruni Akmil. Sementara itu, Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi menjelaskan sekilas profil Akademi Militer.

AKmil merupakan Badan Pelaksana Pusat di tingkat Angkatan Darat, dengan tugas pokoknya melaksanakan pendidikan pembentukan Perwira Angkatan Darat pada tingkat Akademi. ”Saat ini Akmil melatih dan mendidik sebanyak 1.126 taruna dan 56 taruni. Taruna dan taruni ini merupakan putra terbaik bangsa, dari seluruh suku bangsa di Indonesia. Mereka juga punya latar belakang sosial, budaya yang beraneka ragam,” katanya. Usai melaksanakan pendidikan di Akmil, para taruna akan menyandang pangkat Letnan Dua (Letda) di Angkatan Darat dan Sarjana Terapan Pertahanan.

Prestasi Akademik SMA Krida Nusantara melaksanakan kegiatan study tour

kegiatan study tour pertama

Mulai 23 sampai 27 Januari 2022 siswa kelas XII angkatan XXV, Prestasi Akademik SMA Krida Nusantara melaksanakan kegiatan study tour ke beberapa tempat yang diantaranya Akademi Angkatan Laut, Akademi Militer, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, dan Akademi Angkatan Udara. Selain mengunjungi bebereapa instansi akademik siswa juga berkunjung ke Dusun Semilir dan Lawang Sewu di Semarang, Monumen dan Tugu Pahlawan di Surabaya, berkunjung ke desa sekitaran Candi Borobudur, dan Malioboro Yogyakarta.

Pada hari pertama, rombongan siswa, guru, dan karyawan Krida Nusantara berangkat dari parkiran Transmart Cipadung menuju tempat wisata Dusun Semilir di Kota Semarang. Setelah sampai tujuan, siswa dibebaskan untuk berkeliling dan mencoba wahana yang ada di lokasi serta belanja oleh-oleh. Selanjutnya,  rombongan makan siang di restoran Godong Salam Heritage. Kegiatan berikut mengunjungi tempat wisata di Lawang Sewu. Hari pertama diakhiri dengan makan malam di restoran Bandeng Juwana Elrina dan  beristirahat di hotel Oak Tree Emerald Hotel.

Hari kedua perjalanan dilanjutkan ke Akademi Angkatan Laut di Surabaya, di Akademi Angkatan Laut, siswa disambut oleh Kolonel Asep Iwa sebagai perwakilan dari Akademi Angkatan Laut dan sambutan perwakilan SMAT Krida Nusantara oleh Edi Suryadi, M.Pd.. di AAL, rombongan disuguhkan penanyangan profil Akademi Angkatan Laut, kegiatan di Aula diakhiri dengan  sesi tanya jawab.

Setelah dari aula siswa diajak berkeliling Akademi Angkatan Laut ditemani oleh para taruna-taruni alumni SMAT Krida Nusantara dan melihat penampilan drum band Genderang Suling Gita Jala. Perjalanan dilanjutkan ke hotel Novotel Semator Surabaya. Kegiatan malam  di hotel yaitu  gala dinner  yang diawalai sambutan oleh Wakasek Kesiswaan, Asep Rahman,S.Pd.,M.Pd.,  dilanjutkan hiburan untuk dan dari  para siswa, guru, dan karyawan Krida Nusantara.

13-18 Februari 2023, sebanyak 314 siswa kelas XI angkatan XXVI dan 28 pembimbing mengadakan study tour dengan mengunjungi Akademi Kepolisian (AKPOL), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Airlangga (UNAIR), Akademi Militer (AKMIL), dan Akademi Angkatan Udara (AAU). Study tour ini diadakan dengan tujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta menjajaki minat siswa dalam melanjutkan pendidikan setelah SMA. Selain mengunjungi instansi akademik, para siswa juga mengunjungi beberapa destinasi wisata seperti Flora Wisata Santerra De Laponte, Lava Tour Merapi, serta Jalan Malioboro.

Kegiatan study tour kedua

Hari pertama, 13 Februari 2023, rombongan melakukan kunjungan ke AKPOL dan disambut oleh Kasubag Dianmas Bag. Kermadian, AKBP Rudy Cahya Kurniawan, S.H., M.H., M.Si di Auditorium Paramartha Akademi Kepolisian. Selain memperoleh materi seputar Akademi Kepolisian, para siswa juga berkesempatan untuk berbaur dengan alumni SMAT Krida Nusantara yang sedang melanjutkan pendidikan di AKPOL tingkat dua dan tiga. Sebelum mengakhiri kunjungan, para siswa melakukan campus tour AKPOL didampingi oleh para alumni SMAT Krida Nusantara dan foto bersama di depan patung Maha Patih Gajah Mada. Hari pertama ditutup dengan makan siang di restoran Bandeng Juwana Elrina dan beristirahat di HARRIS Hotel and Convention Malang.

Keesokan harinya, 14 Februari 2023, rombongan beserta lima SMA lain dari berbagai kota mengunjungi Universitas Brawijaya. Para siswa disambut oleh tim humas Universitas Brawijaya di Gedung Samantha Krida. Materi yang disampaikan kepada siswa antara lain profil universitas dan proses seleksi ujian masuk Universitas Brawijaya. Seusai kunjungan ke Universitas Brawijaya dan makan siang di Royal 360 Resto, rombongan berwisata ke Flora Wisata Santerra De Laponte yang berada di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Malam harinya, dilaksanakan kegiatan gala dinner di ballroom hotel Novotel Samator Surabaya untuk menambah keakraban dan menjalin rasa persaudaraan di antara pada siswa.

15 Februari 2023, rombongan melanjutkan study tour dengan mengunjungi perguruan tinggi negeri kedua, yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga. FEB menjadi pilihan kunjungan karena cukup banyak siswa yang tertarik dengan ekonomi dan bisnis. Sosialisasi mengenai FEB disampaikan oleh Staf Wakil Dekan I, Muhammad Syaikh Rohman, SE., M.Ec di Aula Fajar Notonagoro. Alumni SMAT Krida Nusantara yang saat ini melanjutkan studi di UNAIR dari berbagai program studi juga hadir dalam kunjungan ini. Mereka membagikan pengalaman-pengalaman mereka ketika bersekolah di SMAT Krida Nusantara dan berkuliah di UNAIR. Selesai kegiatan kunjungan, makan siang di Depot Bu Rudy, dan makan malam di Boga Bogi Restaurant, rombongan melanjutkan perjalanan ke Atria Hotel Magelang untuk beristirahat.

AKMIL menjadi destinasi kunjungan berikutnya pada hari keempat, 16 Februari 2023. Para siswa melakukan campus tour AKMIL didampingi oleh para Kowad dan berakhir di Gedung A.H. Nasution. Di sana rombongan disambut oleh Dirum AKMIL, Brigjen TNI Joko Purnomo. Beliau menyampaikan sosialisasi AKMIL mulai dari persyaratan, persiapan, serta nasehat bagi calon taruna/taruni dengan dilengkapi tayangan video profil AKMIL. Setelah kegiatan sosialisasi, rombongan melakukan foto bersama dan mengunjungi Museum Taruna Abdul Jalil AKMIL. Rombongan melanjutkan perjalanan untuk makan siang di Warung Watoe Gajah dan berwisata Lava Tour Merapi.

Meskipun pada saat itu hujan, hal ini tidak menyurutkan semangat siswa untuk menikmati keindahan Gunung Merapi dengan menggunakan mobil offroad. Di tempat ini juga siswa mengunjungi museum yang sebelumnya merupakan rumah yang terkena dampak letusan Gunung Merapi pada tahun 2010. Setelah Lava Tour Merapi dan makan malam di Pondok Makan Pelem Golek, rombongan beristirahat di hotel Innside by Melia Yogyakarta.

Hari kelima, 17 Februari 2023, merupakan hari terakhir study tour dan AAU menjadi destinasi kunjungan terakhir para siswa menggali pengetahuan dalam melanjutkan pendidikan. Penyampaian materi dilakukan oleh Kepala Penelitian dan Pengabdian Masyarakat AAU Kolonel Sus Heri Sunaryo, S.Si., M.Sc. Alumni SMAT Krida Nusantara yang saat ini melanjutkan studi di AAU turut hadir dan membagikan pengalaman-pengalaman selama studi di prestasi Akademik SMA Krida Nusantara dan AAU. Seusai penyampaian materi, para siswa melakukan foto bersama dan mengunjungi Museum Karbol. Hari terakhir Study Tour Angkatan XXVI ditutup dengan jalan-jalan di sekitar Jalan Malioboro, Yogyakarta. Rombongan melakukan perjalanan pulang ke Bandung pukul 19.30 dan tiba pada pukul 08.00 keesokan harinya.

Perjalanan rombongan hari ketiga diawali dengan  mengunjungi Monumen dan Museum Tugu Pahlawan, siswa diajak berkeliling untuk mengenal sejarah perjuangan pahlawan yang ada di Surabaya. Kemudian siswa makan siang di restoran Bu Rudy yang terkenal akan sambel bawangnya. Kegiatan beikut adalah  kunjungan ke Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, siswa diperkenalkan dengan lingkungan kampus, fakultas, dan jurusan apa saja yang ada di Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Rombongan makan malam di Boga Bogi Restaurant dan beristirahat di hotel Atria Hotel Magelang.

Kunjungan ke  Akademi Militer adalah awal perjalanan rombongan di hari keempat , di sana siswa dikenalkan semua kegiataan dan sitem pendidikan , serta persyaratan dan tes untuk memasuki Akademi Militer. Setelah menyantap makan siang di Joglo Panglipuran Borobudur, rombongan mengunjungi beberapa tempat kegiatan edukasi dan rekreasi dengan mengendarai VW Safari secara konvoi seperti, pembuatan gula aren, peternakan lebah madu, kopi luwak, batik tradisional, pembibitan jamur, pembuatan rengginang, peternakan sapi etawa, dll. Selanjutnya rombongan  makan malam di Resto Jejamuran dan berisitirahat di hotel Innside By Melia Yogayakarta.

Di hari kelima yang merupakan hari terakhir kegiatan Study tour angkatan XXV,  rombongan mengawalinya dengan mengunjungi Akademi Angkatan Udara, di AAU siswa menonton profil Akademi Angkatan Udara dan bagaimana persyaratan untuk masuk AAU . Selain itu siswa juga diajak berkeliling museum untuk melihat koleksi barang-barang milik Akademi Angkatan Udara juga sejarah-sejarah terbentuknya Akademi Angkatan Udara.

Selesai mengunjungi AAU, rombongan melanjutkan perjalanan  ke wisata Malioboro, setelah melaksanakan shalat jum’at dan makan siang terlebih dahulu. Setelah puas berbelanja dan wisata kuliner siswa dan rombongan guru, siswa,  serta karyawan Prestasi Akademik SMA Krida Nusantara kemudian melanjutkan perjalanan pulang ke Bandung.

× GRATIS Simulasi Ujian Masuk Krinus