Profil SMA Krida Nusantara Bandung

By December 15th, 2023 SMA Krida Nusantara
pendidikan budaya krida nusantara

Profil SMA Krida Nusantara Bandung

 

SMA Krida Nusantara Bandung

 

 

SMA Krida Nusantara Bandung merupakan salah satu sekolah berasrama penuh (boarding school) yang berada di Kota Bandung. SMA Krida Nusantara didirikan pada tahun 1995 dengan peletakan batu pertama di Guest House oleh ibu Hj. Tuti Sutiawati Try Sutrisno dan pada tahun 1996 dengan status terakreditasi A. Tujuan penyelenggaraan pendidikan SMAT-KN senantiasa mengacu pada tujuan pendidikan menengah, yaitu meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan mengembangkan diri sejalan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian serta meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan linkungan sosial, budaya, dan alam sekitarnya.

Pemberian nama Krida Nusantara sebagai sebuah Yayasan Pendidikan Terpadu, memiliki arti tersendiri. Krida diartikan sebagai karya tanpa henti. Nusantara adalah wilayah yang meliputi seluruh pelosok Negara Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke. Jadi Krida Nusantara dimaksudkan sebagai sebuah lembaga yang berkarya tanpa henti di bidang pendidikan, yang didalmnya memadukan tiga unsur pokok yaitu IPTEK, IMTAQ dan Karya serta yang menjadi peserta didiknya berasal dari seluruh pelosok tanah air Indonesia.

Pemprakarsa berdirinya SMA Krida Nusantara adalah Alm. H. Karnaen Sukarnapriwa. Beliau adalah seorang tokoh pendidikan yang sangat memperhatikan kepentingan dunia pendidikan. Cita-cita beliau yaitu turut membantu masyarakat, bangsa, negara dan agama melalui upaya mendirikan dan mengembangkan suatu lembaga pendidikan terpadu.

Krida Nusantara sebagai sekolah berasrama penuh dan mempunyai slogan “Mendidik anak untuk disiplin, bebas rokok, narkotika dan tawuran”. Selain mutu pendidikan dan kualitas pembelajaran slogan ini juga membuat orangtua tertarik untuk menyekolahkan putra-putrinya di SMA-KN.

 

SMA Krida Nusantara Bandung

Kegiatan Ekstrakurikuler Unggulan

Kegiatan Ekstrakulikuler SMA Krida Nusantara Bandung dilaksanakan di luar jam pelajaran biasa dan pada waktu libur sekolah yang dilakukan baik di sekolah ataupun di luar sekolah.

Adapun tujuan program ekstrakurikuler adalah untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan siswa, mengenal hubungan antar berbagai mata pelajaran, menyalurkan bakat dan minat, serta melengkapi upaya pembinaan manusia seutuhnya yang tercantum dalam susunan program sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sekolah, dan dirancang secara khusus agar sesuai dengan faktor minat dan bakat siswa.

Berikut kegiatan ekstra kulikuler yang diselenggarakan

  1. Bidang Olah Raga

Futsal, Basket, Bela Diri, Renang, dan Atletik

  1. Bidang Seni

Gamelan, Angklung, Paduan Suara, Tari Tradisional, Band, Marching                Band, dan Teater

  1. Bidang Kebahasaan

English Conversation Club (ECC), Artemis, dan Literasi

  1. Bidang IT

Komputer dan Fotografi

  1. Bidang Bela Negara

Pramuka, Paskibra, Pataka, Paskasis, dan PMR

  1. Lingkungan Hidup

Prestasi Sekolah Krida Nusantara

Banyak yang bilang bahwa sekolah semi militer berasrama seperti Sekolah Krida Nusantara hanya fokus pada pengembangan fisik siswa saja. Tapi sejatinya hal tersebut tidak berlaku lagi. Para siswa Sekolah Krida Nusantara bandung sudah membuktikannya dengan prestasi-prestasi cemerlang yang berhasil mereka raih.

Diantaranya pemenang resensi film (puslitbangfilm) tahun 2019, juara 1 paskibra se-provinsi Jawa Barat (parahyangan berkibar) 2019, juara esai (hakordia) 2019, juara 1 jurnalistik tingkat pelajar bekasi 2019, diklat kader muda bela negara kementrian pertahanan, dan masih banyak lagi.

 

SMA Krida Nusantara Bandung membuka pendaftaran calon peserta didik

Persyaratan Umum

  1. Merupakan peserta didik yang akan lulus SMP atau sederajat
  2. Tidak pernah tidak naik kelas
  3. Berbadan sehat dan tidak cacat tubuh (boleh berkacamata)
  4. Bersedia tinggal di asrama
  5. Nilai Rapor untuk peminatan, untuk yang berminat ke: a. MIPA (Matematika dan Ilmu PengetahuanAlam)
  6. Mata Pelajaran: Matematika, IPA minimal 75; IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris minimal 70, dan Rata-Rata untuk kelima mata pelajaran tersebut disetiap semester minimal 73. b. IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)Mata Pelajaran: Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris minimal 70, dan Rata-Rata untuk kelima mata pelajaran tersebut disetiap semester minimal 73.
  7. Lulus seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Terpadu Krida Nusantara, yang meliputi:
  • Tes Akademik (Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris)
  • Psikotes
  • Tes Kesehatan
  • Wawancara
  • Kesehatan Jasmani

 

  1. Khusus bagi calon peserta didik yang berasal dari SMP dengan latar belakang International School yang lulus tes, agar menyerahkan ijazahnya yang telah dilegalisir oleh Diknas.
  2. Bagi calon peserta didik yang berasal dari sekolah di luar negeri, International School, dan Homeschooling harus melampirkan surat pengantar dari Dirjen Dikdasmen Tahun 2023 (Paket B).
  3. Tidak menerima peserta didik pindahan

 

Tempat Informasi dan Pendaftaran

  1. Bandung : Bagian Informasi dan Pendaftaran

Kampus SMA Krida Nusantara

Jl. Desa Cipadung Cibiru Bandung 40614, Jawa Barat

Telp. (022) 7806125, 7812188, 7809733 Ext. 100, 165 Fax.

(022) 7812187

 

SMA Krida Nusantara Bandung

 

 

 

 

× GRATIS Simulasi Ujian Masuk Krinus